World Sight Day 2017

World Sight Day (WSD) adalah hari penglihatan sedunia yang diselenggarakan setiap tahun secara global pada hari Kamis kedua bulan Oktober, yang bertujuan untuk memusatkan perhatian dunia pada isu global tentang gangguan penglihatan dan kebutaan dan yang dapat dihindari (visual impairment dan avoidable blindness). Pada tahun ini World Sight Day jatuh pada tanggal 12 Oktober 2017.

Perdami, juga telah mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan World Sight Day, dari tahun ke tahun. Diharapkan setiap Perdami cabang juga menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam memperingati World Sight Day 2017, di area masing-masing.

Perlu diketahui beberapa hal mengenai World Sight Day 2017:

Key messages

  • 4 dari 5 orang buta mengalami gangguan penglihatan tidak perlu terjadi; mari bekerja sama untuk menghilangkan kebutaan yang dapat dihindari (avoidable blindness).
  • Sekitar 285 juta orang mengalami gangguan penglihatan di seluruh dunia. Penyebab yang dapat disembuhkan mencapai 80% dari total beban gangguan penglihatan global.
  • 90% orang tuna netra di dunia tinggal di negara berkembang.
  • Berinvestasilah dalam kesehatan mata – tingkatkan alokasi anggaran untuk memenuhi kebutuhan
  • Atasi krisis sumber daya manusia dalam kesehatan mata – berinvestasilah dalam pelatihan, inovasi dan penelitian
  • Mengintegrasikan kesehatan mata pada setiap tingkat sistem kesehatan
  • Meniadakan biaya pelayanan kesehatan bagi penderita miskin

Kegiatan peringatan World Sight Day yang diusulkan meliputi:

Lomba foto

IAPB mengajak fotografer amatir dan profesional untuk berpartisipasi pada International Photography Competition dengan tema, ‘Make Vision Count’. Kirimkan foto teman sejawat (foto profesional shoots, amatir atau flickr) dengan menggunakan hashtag #MakeVisionCount selambatnya pada tanggal 12 October 2017.

Pledge/Ikrar

Pada peringatan World Sight Day, ajukanlah permohonan kepada key stakeholders untuk bergabung menegaskan janji / berikrar untuk memberi dukungan pada usaha pencegahan kebutaan, sehingga “tidak didapatkan lagi avoidable blindness” dalam masyarakat.

Pemeriksaan mata

Fokus katarak, glaukoma, kelainan refraksi dan retinopati diabetik, semua diawali dengan pemeriksaan mata
Tahun ini, dianjurkan sati minggu sebelum World Sight Day, buatlah satu rantai pelayanan– minta setiap pasien walk in untuk pemeriksaan mata, untuk mengajak dua atau lebih pasien lainnya. Informasikan kepada mereka pentingnya memeriksakan mata.

Menutup mata (blindfold) patung-patung penting

Menutup mata (blindfold) patung-patung penting di daerah teman sejawat dapat merupakan kesempatan promosi/media. Dengan demikian, kita dapat menarik perhatian masyarakat pada masalah gangguan penglihatan dan kebutaan avoidable, termasuk berbagai usaha pemecahannya yang implementasinya kita laksanakan.

Kita dapat pula mengundang tokoh masyarakat dan selebritas untuk sementara menutup mata mereka, untuk punya pengalaman buta sementara– hal ini biasanya merupakan momen media yang baik!

Walk dan Rally

World Sight Day juga merupakan momen yang baik untuk menyelenggarakan walks (funwalk, run, funbike) dan rally publik

Tantangan World Sight Day

  • Berpartisipasi itu mudah – cukup memberikan sumbangan bulanan atau tahunan pada atau sebelum Hari Sight World, 12 Oktober 2017.
  • Ada juga cara lain untuk terlibat:
    • Refraksionis Optisien/Optometris dapat:
      • Menyumbangkan satu hari biaya pemeriksaan mata pada bulan Oktober
      • Menyumbangkan sejumlah dari setiap frame yang terjual atau pemeriksaan mata yang diberikan pada bulan Oktober
      • Meminta pasien untuk menyumbangkan dan/atau mengadakan acara penggalangan dana (fun fundraising) di kantor masing-masing
    • Perusahaan Optik dapat:
      • Menyelenggarakan acara penggalangan dana yang dipimpin oleh staf
      • Meminta staf / pelanggan untuk menyumbang sepanjang bulan Oktober
    • Siswa/pelajar dapat:
      • Menyelenggarakan penggalangan dana
      • The World Sight Day Challenge akan menampilkan gelang “people power” berwarna hijau apel segar sebagai cara mudah bagi pasien, karyawan dan siswa untuk melakukan donasi dan berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana.

Keterlibatan Media Sosial

Selain itu, anggota Perdami juga diharap berperan aktif melalui media sosial.

Lomba Foto #MakeVisionCount

Sebarkan berita mengenai lomba ini dan mintalah pengguna media sosial untuk mengirim foto ke kompetisi foto.

Foto

Share foto aktivitas, event, dan materi promosi teman sejawat di Facebook, Twitter, Instagram, Flickr dengan hashtag #WSD2017.

Sampaikan pesan

Sampaikan pesan di media sosial menggunakan hashtag #WSD2017 #MakeVisionCount
(https://www.iapb.org/advocacy/world-sight-day/world-sight-day-2017/wsd17-social-messages)

Video clip tokoh masyarakat selebritas

Dapatkan tokoh masyarakat/selebritas untuk mengirim video di media sosial yang mengatakan – “Pada World Sight Day 2017, periksakanlah mata Anda”

Video clip event/acara

Ambil video clip (video singkat di ponsel Anda atau sesi penuh dengan kamera video) dan unggah video ke Youtube. Kirimkan video clip ke [email protected] untuk menambahkannya ke daftar putar WSD17

Contoh contoh foto:

Sport For Sight Jakarta 2015

 

World Sight Day

 

Operasi Trakoma di Uganda

 

Katarak Traumatik

 

Peringatan WSD di Pakistan

 

Pemeriksaan Mata di Inggris

 

Walk For Vision India

 

Diharapkan agar seluruh Perdami Cabang dapat menyusun agenda peringatan World Sight Day 2017, berdasarkan paparan di atas. Dihimbau agar agenda kegiatan serta laporan kegiatan setelah pelaksanaannya, dapat dikirimkan ke Sekretariat Pengurus Pusat Perdami atau Humas Perdami, melalui email:

Rangkuman kegiatan akan kami kirimkan ke the International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB).

Partisipasi seluruh anggota Perdami pada peringatan World Sight Day 2017 sangat diharapkan, beserta harapan agar masyarakat Indonesia dapat ditingkatkan kepeduliannya mengenai masalah kesehatan mata, dan agar para stakeholders ditingkatkan komitmennya pada usaha pencegahan gangguan penglihatan dan kebutaan, serta agar kerja Perdami dikenali secara internasional.

Informasi lebih lanjut mengenai World Sight Day 2017 dapat dilihat pada:
Website IAPB: https://www.iapb.org/advocacy/world-sight-day

September 25, 2017 Berita, Kegiatan
Perdami .id
About Perdami .id