Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Petunjuk Umum Pengiriman Makalah

Makalah yang dikirim adalah makalah yang belum pernah dipublikasi, maka Ophthalmologica Indonesiana tidak menerima makalah yang juga dikirim pada jurnal lain pada waktu bersamaan untuk publikasi. Penulis harus memastikan bahwa seluruh penulis pembantu telah membaca dan menyetujui makalah.

Semua makalah yang dikirimkan pada Ophthalmologica Indonesiana akan dibahas para pakar dalam bidang keilmuan tersebut dan anggota redaksi. Makalah yang perlu perbaikan format atau isi akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki. Laporan tentang penelitian pada manusia harus memperoleh persetujuan tertulis (signed informed consent) mendapat persetujuan komisi etik.

Halaman Judul

Halaman judul berisi judul makalah, nama setiap penulis dengan gelar akedemik tertinggi dan lembaga afiliasi penulis, nama dan alamat korespondensi, nomor telepon, nomor faksimili dan alamat e-mail. Judul singkat dengan jumlah maksimal 40 karakter huruf dan spasi.

Untuk laporan kasus, dianjurkan agar penulis dibatasi sampai 4 orang. 

Abstrak dan Kata Kunci

Abtrak untuk Artikel Penelitian, Tinjuan Pustaka, dan Laporan Kasus dibuat dalam bahasa indonesia atau inggris dengan jumlah maksimal 250 kata.

Artikel penelitian harus berisi Tujuan Penelitian, Metode, Hasil, dan Kesimpulan.

Kata kunci (Keywords) dicantumkan pada halaman yang sama dengan abstrak, sesuai dengan  UNIFORM REQUIREMENTS yang diterbitkan oleh  International Committee of Medical Journal editors di Vancouver, Bitish Columbia pada tahun 1997.

Teks Makalah

Teks makalah disusun menurut subjudul yang sesuai, yaitu Pendahuluan (Inroduction), Metode (Methods), Hasil (Results), dan Diskusi (Discussion) atau format IMRAD.

Cantumkan ukuran dalam unit/satuan System Internationale (SI), jangan menggunakan singkatan yang tidak baku.

Makalah, termasuk tabel, daftar pustaka, dan gambar harus diketik 1,5 spasi pada kertas ukuran 21 ` 29,7 (kertas A4), maksimum 6 halaman, dengan jarak dari tepi 2,5 cm.

Tabel

Setiap tabel harus diketik 1,5 spasi. Nomor tabel berurutan sesuai dengan penyebutan dalam teks, setiap tabel diberi judul singkat. Setiap kolom diberikan subjudul singkat. Tempatkan penjelasan pada catatan kaki, bukan pada judul. Jelaskan dalam catatan kaki semua singkatan tidak baku yang ada tabel, jumlah tabel maksimal 6 buah.

Gambar

Gambar sebaiknya dibuat secara profesional dan difoto.

Setiap gambar harus memiliki label dan berisi nomor gambar, nama penulis, dan tanda penunjuk bagian “atas” gambar. Tandai juga bagian “depan”. Bila berupa gambar orang yang mungkin dapat dikenali, atau berupa iliustrasi yang pernah dipublikasi, harus disertai izin terlulis.

Gambar harus diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks, jumlah gambar maksimal 6 buah.

Metode Statistik

Jelaskan tentang metode statistik secara rinci pada bagian ”metode” / metode yang tidak lazim ditulis secara berikut rujukan metode tersebut.

Ucapan Terima kasih

Batasi ucapan terima kasih pada para profesional yang membantu penyusunan makalah, termasuk pemberi dukungan teknis, dana, dan dukungan dari suatu intitusi.

Rujukan

Rujukan ditulis sesuai aturan penulis Vancouver, diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam keseluruhan teks, bukan menurut abjad. Cantumkan nama semua penulis bila tidak lebih dari 6 orang bila lebih dari 6 penulis pertama diikuti olet et al. Jumlah rujukan sebaiknya dibatasi sampai 25 buah dan secara umum dibatasi pada tulisan yang terbit dalam satu dekade terakhir. Gunakan contoh yang sesuai denagn edisi ke-5 dari Uniform requirements for Manuscripts Submitted to Biomedical Journal Eitors, 1997. Singkatan nama jurnal sesuai dengan Index Medicus.

Hindari penggunaan abstrak sebagai rujukan. Untuk materi yang telah dikirim untuk publikasi tetapi belum diterbitkan, harus dirujuk dengan menyebutkan pengamatan yang belum dipublikasi (unpublished observation) selain sumber. Makalah yang diterima untuk publikasi tetapi belum terbit dapat digunakan sebagai rujukan dengan perkataan ”in press”. Contoh: Leshner al. Molecular mechanisms of cocaine addiction. N eng J Med. In press 1996.

Hindari rujukan berupa komunikasi pribadi (personal communication) kecuali untuk informasi yang tidak mungkin diperoleh dari sumber umum. Sebutkan nama sumber dan tanggal komunikasi. Dapatkan izin tertulis dan komfirmasi ketepatan dari sumber komunikasi.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.